Analisa yang menyebalkan

Menganalisa sebuah data dari lapangan mungkin sesuatu yang tak terlalu sulit. tetapi bagaimana jika kita juga harus membenarkan kesalahan data tersebut?
inilah sebuah penyesuaian yang menurut saya sulit untuk di tolak. karena selain untuk mempercepat pekerjaan kita, kita juga meringankan beban orang lain.
tetapi masalahnya adalah, jika untuk membenarkanpun butuh waktu yang cukup lama apakah bukan menjadi beban kita?
tentu saja iya. ini yang sekarang sedang saya alami. saya harus membenarkan data dari lapangan yang sudah dikerjakan selam satu setengah bulan. tetapi ketika saya input dan di analisa, ternyata ada kesalahan pengambilan data yang cukup fatal.
untuk membenarkannya hanya ada dua pilihan. yaitu mendata ulang atau manipulasi data. akhirnya opsi kedualah yang di putuskan oleh pimpinan.
yang sebenarnya membuat menjadi lama adalah kitidak adanya pendata pada saat saya sedang memanipulasi. sehingga data yang saya buat belum tentu ada kesesuaian dengan keadaan di lapangan. lalu bagaimana lagi ini adalah intruksi pimpinan.
dan menurut pribadi saya "yang penting ini bukan salahku" dan sebisa mungkin saya akan menghindar dari masalah ini di kemudian hari.
bukan tak bertanggung jawab. tapi memang ini adalah tanggung jawab orang lain.

Comments