Menulis untuk pencarian

cara seo website
SEO Website

Kalau dibilang pemula dalam dunia blog, bisa jadi iya, karena memang aku masih cukup awam dalam dunia ini. Banyak hal yang aku belum mengerti terutama sekali soal mengoptimalkan SEO. soal bagaimana meng-edit html, css, dan JS sudah cukup paham, walau belum sangat paham.

Tapi blogging bukan hanya soal itu. Bloging itu soal konten, soal teknik, dan soal seni. Dan ketiganya sangat dianjurkan untuk bisa dioptimalkan secara bersamaan. Konten itu semenarik mungkin, mulai dari tulisan, foto / gambar, video atau hanya audio. Deskripsinya harus jelas. Teknik, mulai dari pemilihan judul, keyword, dan tema yang relevan dengan apa yang pengunjung butuhkan. Dan soal seni, ini bukan hanya soal tampilan, tapi soal suasana yang akan dibangun ketika pengunjung mengunjungi blog kita.

Dari google sendiri, agar bisa muncul di kolom teratas di daftar pencarian google. mereka menyarankan agar kita membuat konten dengan sebagus mungkin. Dengan teknik penyimpanan file dan penamaan file yang serapi mungkin.

Aku mulai menulis blog ini dari tahun 2010. Pada waktu itu, tulisan hanyalah sekedar tulisan, bahkan yang paling aku utamakan untuk kutuju adalah tampilan yang bagus. Ternaya tampilan bagus, sangat tidak mempengaruhi jumlah prngunjung datang. Itu menurut pengalaman pribadi. Tampilan hanyan mempengaruhi seberapa nyaman pengunjung mengunjungi blog saja. sedangkan  yang membuat betah pengunjung datang pun adalah konten. Jika kontennya menarik, pengunjung akan membuka lagi beberapa postingan yang lain.

Penggunaan keyword, sampai saat ini jujur saja aku belum bisa mengoptimalkan penggunaan keyword. Banyak iklan memberikan cara SEO website yang bagus, tetapi aku masih belum yakin. Apalagi di luar sana banyak blog yang menyarankan kita untuk menggunakan layanan google keyword yang sebenarnya bagian dari google adword, layanan dari google yang berbayar. Walau untuk keywordnya kita masih bisa menggunakan dengan gratis.

Lalu apa yang sebenarnya membuat banyak pengunjung kita datang? Tentu saja konten. Konten terbaik lah yang kan tetap dicari oleh pembaca di luar sana. Dari beberpa judul posting yang sudah daya post, mulai dari soal pribadi, soal teknik, soal sosial dan pengalaman traveling sudah kucoba tulis, dan dari sana pengunjung pun berbeda.

Jika diperhatikan, setiap pengunjung mengunjungi masing masing kesukaan mereka, umumnya jika seseorang datang ke blog ku karena traveling ku, ketika dia membuka 2-3 postingan lainnya dia akan berhenti. Karena sudah berbeda sekali jenis kontennya.

Dan dari tulisan ini, aku mau mencoba menganalisa, ini adalah tema yang paling populer di cari di iternet, dan menggunakan kata kunci paling di cari di google search enngine. Dan dari sini, aku akan menganalisa kembali, tema apakah berikutnya yang harus aku tulis.

Tetapi kembali lagi, bahwa yang paling penting adalah Konten yang menarik.

Comments