Menantang Diri Ditahun 2019

Masa depan adalah tantangan yang akan kita jalani. Siap atau tidak kita akan menghadapi tantangan bagaimanapun bentuknya dimasa depan.

tantangan motivasi afirmasi dan inspirasi


Tulisan kali ini Aku mulai dengan Sebuah kata tantangan. Sebenarnya Untuk menaikan motivasi, dan tentu saja untuk membuat inspirasi bagi siapapun yang membaca. Terutama Untuk diriku sendiri dimasa depan yang merindukan tulisanku.

Aku melihat pada imajinasiku tentang diriku dimasa depan, adalah Sebuah hal yang Aku perlu menantang diriku sendiri untuk mempercepatnya. Tantangan adalah sebuah bentuk motivasi Untuk mengembangkan diri, terkadang Aku perlu membuat sebuah tantangan kecil untuk meningkatkan keterampilaku dalam programming. Semisal membuat Sebuah tools khusus Untuk dokumentasi kodingku.

Pada buku yang hari ini Aku baca, buku yang sebenernya sudah aku beli sejak dua setengah tahun lalu. Aku mendapati bahwa ternyata buku ini begitu berkualitas. Aku dulu niat membelinya hanyalah sebagai kenang kenangan aku pernah membeli sebuah buku di Thailand. Dan tentu saja yang ku beli adalah bahasa inggris, bukan bahasa thailand. Di buku itu Aku menemukan tentang bagaimana mengembangkan diri yang selama ini Aku bingungkan. Ada seratus tools yang Bisa Aku dapatkan, dan meskipun Aku baru membaca 8 diantaranya, tetapi sudah benar benar mengubah cara pandangku terhadap apa yang ingin Aku lakukan dimasa depan.

Aku menginginkan Untuk merancang visiku di tahun depan, 2019. Dan tentu saja, aku membaca dari internet, bahwa Goals, itu mesti memenuhi unsur SMART. Dan alhamdulillah, Aku sudah membuatnya. Visiku dengan 5.5 goals yang Aku buat Sudah memenuhi unsur SMART. Ternyata dalam buku itu, SMART bukalah satu satunya unsur Untuk memenuhi goals itu benar atau tidak. Ada unsur PURE dan CLEAR.

Betapa ternyata Aku selama ini sangat kurang wawasan. Dan setelah beberapa bulan Aku kursus Bahasa inggris, Hari ini Aku baru merasakan bagaimana Aku bisa memahami sedikit demi sedikit bahasa inggris dalam buku itu. Tidak semua kata memang Aku bisa menerjemahkan tetapi maksudnya Aku sudah bisa dapatkan. 

Baik, point pertama yang ingin Aku sampaikan adalah, ternyata ada banyak ilmu diluaran sana yang kita sebenernya sangat bodoh jika menganggap ilmu yang kita pelajari sudah yang terbaik.

Membuat Sebuah tantangan menjadi motivasi, tentu saja tidak serta merta bisa dilakukan. Kita mesti tahu, bagaimana tantangan itu sejalan dengan tujuan yang kita inginkan atau tidak. Semisal aku ingin bisa menguasain Bahasa ingggris, tentu saja aku menantang diriku sendiri untuk mulai menonton film dalam Bahasa inggris tanpa subtitle. Membaca buku bahasa inggris seperti sekarang. dsb.

Seperti tahun depan, maka Untuk mencapai Goals yang Aku tulis, selain aku harus menyiapkan langkah kerjanya, aku juga perlu untuk membuat tantangan tantangan sebagai middle test sebelum goals akhir tahun selesai. Mungkin. Aku baru merancang goals, Aku hanya merasa perlu merancang unit test, apakah goal-ku ini bisa kucapai tau tidak.

Pada point goals ini, dengan goals kita Bisa bekerja dengan sungguh sungguh dan tentu saja memilki tujuan. bayangkan, ketika kita memiliki goals Untuk bisa membeli Sebuah motor sport baru di akhir tahun 2019. Tentu saja dengan pencapaian seperti itu, kita setiap melakukan pengeluaran dan menerima pemasukan, akan termotivasi untuk mengelola keuangan dengan benar, agar goals itu benar benar tercapai di akhir tahun 2019.

Goals itu penting, janganlah melakukan apapun dengan kalimat, jalani aja dulu. Terlebih jika apa yang kamu lakukan itu Untuk dirimu sendiri. Kecuali jika memang kita bekerja untuk sebuah organisasi, dan goalsnya menjadi rahasia dari pimpinan bolehlah bilang “jalani aja dulu”.

Dan pada point yang terakhir, Aku ingin menyampaikan lagi, dan tentu ini Sudah sering Aku sampaikan epada teman-temanku juga di blog ini. Membaca dan menulis, adalah kegiatan yang bisa mengembangkan diri. Maka lakukanlah sesering mungkin. Dulu Aku suka membaca, tetapi Tidak se-gila sekarang ini. Dan sejak dulu juga Aku sering menulis, tetapi Tidak sebermanfaat ini.

Mungkin tulisan ini Tidak bermanfaat Untuk pembaca atau pengunjung blog ini, tetapi Aku selalu merasa bahwa tulisanku dimasa lalu, ternyata cukup bermanfaat untukku dimasa sekarang. Maka tulisanku saat ini, akan bermanfaat untukku dimasa depan.

Ayo kawan, tetap termotivasi dan menginspirasi. Dan tentu saja, selalu lakukan afirmasi.


Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Tetap lah menjadi orang yg selalu di butuhkan orang....? Dan selalu berguna bermanfaat di mana kita berpijak dan melangkah sahabat q.. .. JOKER adalah 3 orang yg penuh dgn perjuangan dalam menjalani langkah hidup masing masing. Dan jangan pernah putus asa. Capailah apa yg ingin kita tuju untuk menjadi yg lebih baik dan berkualitas dalam menjalani tantangan kehidupan... . Tetap semangat......

    ReplyDelete

Post a Comment